Friday, 4 June 2021

Perkembangan Nintendo dari masa ke masa rangkuman PcKokKentang

 

     

     Yo Gengs... Lama nggak upload yah... hehehe... kali ini mimin DdM akan memposting sedikit info tentang Perkembangan konsol Nintendo Dari masa ke masa, yap siapa yang tidak tahu tentang satu konsol ini, dimana konsol yang sempat menghebohkan dunia dengan game - gamenya seperti Monster Hunter : Rise, Super Smash Bross, Super Mario Kart, dan tentunya apa lagi kalo bukan The Legend Of Zelda.

        Tapi tau nggak gengs ? kalo nintendo mempunyai sejarah yang cukup menarik untuk di bahas di blog kita satu ini ? Ayok gengs kita simak sebagai berikut.

1. Nintendo Merupakan perusahaan yang memproduksi kartu "Hanafuda" (1889)

     Didirikan pada tahun 1889 oleh Fusajiro Yamuichi pada Pada tanggal 23 September, merupakan sebuah perusahaan yang membuat atau memproduksi sebuah kartu buatan tangan yang bernama "Hanafuda" secara arti Hanafuda artinya adalah bunga, merupakan salah satu permainan tradisional asal Jepang, asal usul permainan ini berasal pada abad ke-16 yang awal nya di bawakan oleh bangsa portugis untuk di mainkan oleh kalangan kaum bangsawan jepang. Ketika Jepang menutup Perbatasanya, Semua permainan kartu di larang. Maka dibuatlah beberapa kartu permainan yang terinspirasi dari seni prajurit Cina dan beberapa tumpuk kartu yang mirip dengan Hanafuda Modern. Setelah jatuh ke tangan Mafia Jepang (Yakuza), permainan kartu tersebut di larang oleh pemerintah karena kartu - kartu tersebut di gunakan untuk kegiatan perjudian.

     Menyusul Perubahanya pemerintah Meiji, Jepang membuka perbatasan ke dunia dan kartu remi mulai di legalkan lagi. Pada tahun 1889, Fusajiro Yamuichi mengambil kesempatan dan mendirikan perusahaan Nintendo Koppai untuk permainan kartu Hanafuda dan dengan cepat diadopsi oleh Yakuza sebagai sarana Perjudian, Hanafuda menjadi populer di kalangan masyarakat.

2. Perusahaan Nintendo Bisnis Ceruk kecil (1963)

     Pada tahun 1963 Nintendo memulai beberapa bisnis Ceruk kecil, seperti layanan pertaksian dan Hotel Cinta, Meninggalkan usaha sebelumnya demi mainan.

3. Mulai mengembangkan Video Game (1970-an)


 

     Usaha pertama Nintendo ke dalam industri permainan video adalah mendapatkan hak untuk mendistribusikan konsol permainan video Magnavox Odyssey di Jepang pada tahun 1974. Nintendo mulai memproduksi perangkat kerasnya sendiri pada tahun 1977, dengan konsol permainan video rumahan Color TV-Game. Empat versi konsol ini diproduksi, masing-masing termasuk variasi dari satu permainan; misalnya, Color TV Game 6 menampilkan enam versi Light Tennis.

4. Kesuksesan Pertama "Game & Watch" (1979-1982)

     Pada tahun 1979, Gunpei Yokoi membayangi ide sebuah konsol permainan genggam, sambil mengamati sebuah komuter kereta peluru yang melewati waktu secara iseng dengan kalkulator LCD portabel. Ide tersebut menjadi Game & Watch.Pada tahun 1980, Nintendo meluncurkan Game & Watch sebuah permainan video genggam yang dikembangkan oleh Yokoi. Sistem ini tidak memiliki cartridge yang dapat dipertukarkan dan perangkat keras tersebut terikat dalam permainan. Permainan video pertama Game & Watch, Ball, didistribusikan seluruh dunia. Cross D-pad yang modern dikembangkan pada tahun 1982, oleh Yokoi untuk versi Donkey Kong. Terbukti populer, desain tersebut dipatenkan oleh Nintendo. Paten tersebut kemudian mendapatkan penghargaan Technology & Engineering Emmy Award.

5. Nintendo Entertaiment System (1983)


     Pada tahun 1983, Nintendo meluncurkan Family Computer (disangkat sebagai "Famicom") konsol permainan video rumah di Jepang, disamping port dari permainan arkade yang populer. Pada tahun 1985, secara kosmetik mengerjakan kembali versi sistem yang dikenal diluar Jepang yaitu Nintendo Entertainment System atau NES, diluncurkan di Amerika Utara. Praktik sistem bundling dengan permainan terpilih yang membantu untuk membuat Super Mario Bros. Salah satu permainan video terlaris sepanjang sejarah.

6. Gameboy (1988)


     Pada tahun 1988, Gunpei Yokoi dan tim dia di Nintendo R&D1 membayangi sebuah sistem genggam baru Game Boy, dengan syarat untuk menyatukan dua ide yang sangat sukses dari portabilitas Game & Watch dan berpetukaran bersama dengan cartridge NES. Nintendo merilis Game Boy di Jepang pada 21 April 1989, dan di Amerika Utara pada 31 Juli 2019. Presiden Nintendo of America Minoru Arakawa berhasil berurusan bundel permainan video pihak ketiga Tetris bersama dengan Game Boy, dan pasangan tersebut diluncurkan sebagai kesuksesan instan.

7. Super Nintendo Entertaiment System (1989) 

 

     Pada tahun 1989, Nintendo mengumumkan rencana untuk merilis penerus Famicom, Super Famicom. Berdasarkan prosesor 16-bit, Nintendo memiliki spesifikasi perangkat keras grafis, suara, dan kecepatan permainan video yang jauh lebih unggul daripada Famicom 8-bit yang asli. Super Famicom akhirnya dirilis relatif terlambat ke pasar di Jepang pada 21 November 1990, dan dirilis sebagai Super Nintendo Entertainment System (secara resmi disingkat Super NES atau SNES dan biasanya disingkat menjadi Super Nintendo) di Amerika Utara pada tanggal 23 Agustus 1991 dan pada Eropa pada tahun 1992. Pesaing utamanya adalah Mega Drive 16-bit, yang dikenal di Amerika Utara sebagai Genesis, yang telah diiklankan secara agresif melawan NES 8-bit yang baru lahir. Perang konsol antara Sega dan Nintendo terjadi pada awal 1990-an. Dari tahun 1990 hingga 1992, Nintendo membuka toko World of Nintendo di Amerika Serikat di mana konsumen dapat menguji dan membeli produk Nintendo.


8. Nintendo Virtual Boy (1995)
 

     Nintendo merilis Virtual Boy pada tahun 1995, yang dirancang oleh Gunpei Yokoi. Konsol terdiri dari sistem semi-portabel yang dipasang di kepala dengan satu layar berwarna merah untuk masing-masing mata pengguna, menampilkan grafik stereoskopik. Permainan dilihat melalui lensa mata teropong dan dikendalikan menggunakan gamepad yang ditempelkan. Para kritikus umumnya kecewa dengan kualitas permainan dan grafis berwarna merah, dan mengeluh sakit kepala yang disebabkan oleh gameplay. Sistem penjualannya buruk dan diam-diam dihentikan. Di tengah kegagalan sistem, Yokoi pensiun dari Nintendo.Selama tahun yang sama, Nintendo meluncurkan Satellaview di Jepang, perangkat untuk Super Famicom. Aksesori memungkinkan pengguna untuk memainkan permainan video melalui siaran untuk jangka waktu tertentu. Berbagai permainan video dibuat khusus untuk platform, serta berbagai remake.

9. Nintendo 64 (1996)

     Pada tahun 1996, Nintendo mengubah nama Ultra 64 menjadi Nintendo 64, dan merilisnya di Jepang dan Amerika Utara, dan pada tahun 1997 di Eropa dan Australia. Nintendo 64 melanjutkan apa yang telah menjadi tradisi Nintendo dalam desain perangkat keras yang kurang berfokus pada spesifikasi kinerja tinggi daripada pada inovasi desain yang dimaksudkan untuk menginspirasi pengembangan permainan. Dengan pangsa pasarnya yang tergelincir ke Sega Saturn dan Sony PlayStation yang menjadi mitra saingannya, Nintendo merevitalisasi mereknya dengan meluncurkan kampanye pemasaran senilai $ 185 juta yang berpusat di sekitar slogan "Play it Loud". 

     Selama tahun yang sama, Nintendo juga merilis Game Boy Pocket di Jepang, versi yang lebih kecil dari Game Boy yang menghasilkan lebih banyak penjualan untuk platform tersebut. Pada tanggal 4 Oktober 1997, pengembang Nintendo terkenal, Gunpei Yokoi meninggal dalam kecelakaan mobil. Pada tahun 1997, Nintendo merilis SNS-101 (disebut Super Famicom Jr. di Jepang), versi yang didesain ulang dari Super Nintendo Entertainment System.  

10. Gameboy Color (1998)

 

     Pada tahun 1998, pelanjut dari Game Boy, Game Boy Color, telah dirilis. Sistem tersebut telah memperbaiki spesifikasi teknikal memperbolehkan untuk menjalankan permainan secara khusus untuk sistem juga untuk permainan yang dirilis untuk Game Boy, walaupun dengan tambahan warna. Game Boy Camera dan Printer juga dirilis sebagai aksesoris. 

11.  Game Boy Advance & Gamecube (2001)

 
     Pada tahun 2001, Nintendo memperkenalkan Game Boy Advance yang didesain ulang. Pada tahun yang sama, Nintendo juga merilis GameCube untuk penjualan suam-suam kuku, dan akhirnya gagal mendapatkan kembali pangsa pasar yang hilang oleh Nintendo 64.

12. Nintendo DS (2004)


     Pada tahun 2004, Nintendo merilis Nintendo DS, sistem genggam utama keempat. DS adalah perangkat genggam layar ganda yang menampilkan kemampuan layar sentuh, yang merespon stylus atau sentuhan jari. Mantan presiden dan ketua Nintendo Hiroshi Yamauchi diterjemahkan oleh GameScience sebagai penjelasan, "Jika kita dapat meningkatkan ruang lingkup industri, kita dapat memberi energi kembali pasar global dan mengangkat Jepang keluar dari depresi - itulah misi Nintendo." Mengenai penjualan GameCube yang suam-suam kuku yang telah menghasilkan kerugian operasional pertama yang dilaporkan perusahaan dalam lebih dari 100 tahun, Yamauchi melanjutkan: "DS merupakan momen penting bagi kesuksesan Nintendo selama dua tahun ke depan. 

13. Nintendo Wii (2006)


     Pada paruh kedua 2006, Nintendo merilis Wii sebagai penerus kompatibel-belakang untuk GameCube. Didasarkan pada kendali gerak Wii Remote yang rumit dan papan keseimbangan, Wii menginspirasi beberapa waralaba permainan video baru, beberapa ditargetkan pada segmen pasar yang sepenuhnya baru dari permainan kasual dan kebugaran. Dengan lebih dari 100 juta unit terjual di seluruh dunia, Wii adalah konsol terlaris dari generasi ketujuh, mendapatkan kembali pangsa pasar yang hilang selama masa Nintendo 64 dan GameCube.

14. Nintendo 3DS (2011)

 

     Pada tahun 2011, Nintendo merilis Nintendo 3DS, berdasarkan tampilan 3D stereoscopic bebas kacamata. Pada bulan Februari 2012, Nintendo mengakuisisi Mobiclip, sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan berbasis di Perancis yang berspesialisasi dalam teknologi perangkat lunak yang sangat dioptimalkan seperti kompresi video. Nama perusahaan kemudian diubah menjadi Nintendo European Research & Development.

15. Nintendo Wii U (2012)


     Selama kuartal keempat 2012, Nintendo merilis Wii U. Itu dijual lebih lambat dari yang diharapkan, meskipun konsol generasi kedelapan pertama. Namun, pada September 2013, penjualan telah pulih.butuh klarifikasi.

 16. Nintendo 2DS (2013)

     Berniat untuk memperluas pasar 3DS, Nintendo merilis Nintendo 2DS 2013 yang hemat biaya. 2DS kompatibel dengan tetapi tidak memiliki fitur 3D autostereoscopic 3DS yang lebih mahal tetapi kosmetik. Nintendo juga merilis Wii Mini, desain ulang Wii yang lebih murah dan non-jaringan.

 17. Nintendo Switch (2017)

     Pada 17 Maret 2015, Nintendo mengumumkan "platform permainan khusus dengan konsep baru" dengan nama kode "NX" yang akan diungkapkan lebih lanjut pada 2016. Reggie Fils-Aimé, presiden Nintendo of America pada saat itu, menyebut NX sebagai "konsol rumah kami berikutnya" dalam sebuah wawancara Juni 2015 dengan The Wall Street Journal.
      Pada pertemuan investor pada 27 April 2016, Nintendo mengumumkan bahwa NX akan dirilis di seluruh dunia pada Maret 2017.Dalam sebuah wawancara dengan Asahi Shimbun pada Mei 2016, Kimishima menyebut NX sebagai "bukan penerus Wii U atau 3DS", dan juga menjadi "cara baru bermain game," tetapi itu akan "memperlambat penjualan Wii U "saat diungkapkan dan disebarluaskan.
     Pada 19 Oktober 2016, Nintendo mengumumkan mereka akan merilis trailer untuk konsol keesokan harinya.Hari berikutnya, Nintendo meluncurkan trailer yang mengungkapkan nama terakhir dari platform yang disebut Nintendo Switch.Pada Maret 2018, lebih dari 17 juta unit Switch telah terjual di seluruh dunia.
 

Ya... Mungkun segitu dulu sih... hehehehe terimakasih yang udah ngebaca sampe habis, jangan lupa juga buat visit wikipedia tempat referensi nya karena disana jauh lebih lengkap dan detail, oke sekian dulu post nya... see you next post bye bye ('3')/

Sumber Referensi Artikel link : wikipedia.com

Saturday, 24 October 2020

Perkembangan Konsol Sony Playstation Dari Masa ke masa

 


       Yo My Friends.... wellcome back to my blog, OK di postingan kali ini kita akan membahas mengenai perkembangan konsol di kubu Sony, Yap konsol sejuta umat yang sangat di gemari di Indonesia ini sangan terkenal dari dulu sampai sekarang, bahkan versi Plastation 1 yang sudah ketinggalan zaman juga masih ada oarng yang berminat untuk memiliknya, bagaimana sih Perkembangan era konsol game di Sony Playstation ? Berikut Perkembangan yang sudah mimin rangkum.

1. Ps1

               PlayStation (PS, umumnya dikenal sebagai PS1 atau nama kodenya PSX) adalah konsol permainan video rumahan yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Sony Computer Entertainment. Ini pertama kali dirilis pada 3 Desember 1994 di Jepang, 9 September 1995 di Amerika Utara, 29 September 1995 di Eropa, dan 15 November 1995 di Australia, dan merupakan yang pertama dari jajaran konsol video game PlayStation. Sebagai konsol generasi kelima, PlayStation terutama bersaing dengan Nintendo 64 dan Sega Saturn.

               Pengembangan konsol dimulai setelah usaha yang gagal dengan Nintendo untuk membuat CD-ROM untuk Super Famicom mereka pada awal 1990-an. Produksi game untuk konsol tersebut dirancang untuk disederhanakan dan inklusif, dengan mendapatkan dukungan dari banyak pengembang pihak ketiga. Pada Juli 2000, versi ramping dan didesain ulang yang disebut PS one dirilis, menggantikan konsol abu-abu asli dan diberi nama yang tepat untuk menghindari kebingungan dengan penggantinya, PlayStation 2.

               PlayStation mengisyaratkan kebangkitan Sony untuk berkuasa di industri video game. Rilisnya mendatangkan pujian kritis dan penjualan yang mengesankan: akhirnya menjadi "platform hiburan komputer" pertama yang mengirimkan lebih dari 100 juta unit, melakukannya dalam waktu kurang dari satu dekade. Penggunaan compact disc (CD) PlayStation menandai transisi industri game dari kartrid. Game untuk PlayStation terus menjual sampai Sony menghentikan produksi game PlayStation dan PlayStation pada tanggal 23 Maret 2006 - lebih dari sebelas tahun setelah dirilis, dan kurang dari setahun sebelum debut PlayStation 3. Lebih dari 7.918 game dirilis untuk konsol selama masa pakainya, dengan penjualan kumulatif 962 juta unit.

 

2. Ps2

PlayStation 2 (PS2) adalah konsol permainan video rumahan yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Sony Computer Entertainment. Ini pertama kali dirilis di Jepang pada 4 Maret 2000, di Amerika Utara pada 26 Oktober 2000, di Eropa pada 24 November 2000, dan Australia pada 24 November 2000. Ini adalah penerus PlayStation, serta angsuran kedua dalam jajaran konsol PlayStation. Konsol generasi keenam, itu bersaing dengan Sega's Dreamcast, Nintendo GameCube, dan Xbox asli Microsoft.

               Diumumkan pada tahun 1999, PS2 menawarkan kompatibilitas ke belakang untuk pengontrol DualShock pendahulunya, serta game-nya. PS2 adalah konsol video game terlaris sepanjang masa, telah terjual lebih dari 155 juta unit di seluruh dunia. Lebih dari 3.800 judul game telah dirilis untuk PS2, dengan lebih dari 1,5 miliar eksemplar terjual. Sony kemudian memproduksi beberapa revisi yang lebih kecil dan lebih ringan dari konsol yang dikenal sebagai model Slimline pada tahun 2004.

               Bahkan dengan rilis penggantinya, PlayStation 3, PS2 tetap populer hingga generasi ketujuh, dan terus diproduksi hingga 2013, ketika Sony akhirnya mengumumkan bahwa itu telah dihentikan setelah lebih dari dua belas tahun produksi — salah satu masa hidup terpanjang dari konsol video game. Meski telah diumumkan, game baru untuk konsol tersebut terus diproduksi hingga akhir 2013, termasuk Final Fantasy XI: Seekers of Adoulin untuk Jepang, FIFA 13 untuk Amerika Utara, dan Pro Evolution Soccer 2014 untuk Eropa. Layanan perbaikan untuk sistem di Jepang berakhir pada 7 September 2018.

PSP

               PlayStation Portable (PSP) adalah konsol permainan genggam yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Sony Computer Entertainment. Ini pertama kali dirilis di Jepang pada 12 Desember 2004, di Amerika Utara pada 24 Maret 2005, dan di wilayah PAL pada 1 September 2005, dan merupakan angsuran genggam pertama di jajaran konsol PlayStation. Sebagai konsol generasi ketujuh, ia bersaing dengan Nintendo DS.

               Pengembangan PSP diumumkan selama E3 2003, dan konsol tersebut diresmikan pada konferensi pers Sony pada tanggal 11 Mei 2004. Sistem ini adalah konsol portabel yang paling kuat saat diperkenalkan, dan merupakan pesaing nyata pertama dari konsol genggam Nintendo setelahnya. banyak penantang, seperti Nokia's N-Gage, telah gagal. Kemampuan grafis PSP yang canggih menjadikannya perangkat hiburan seluler yang populer, yang dapat terhubung ke konsol PlayStation 2 dan PlayStation 3, komputer mana pun dengan antarmuka USB, sistem PSP lain, dan Internet. PSP juga memiliki beragam fitur multimedia seperti pemutaran video, dan telah dianggap sebagai pemutar media portabel juga. PSP adalah satu-satunya konsol genggam yang menggunakan format cakram optik - Universal Media Disc (UMD) - sebagai media penyimpanan utamanya; baik game maupun film telah dirilis dalam format.

               PSP diterima secara positif oleh para kritikus, dan terjual lebih dari 80 juta unit selama sepuluh tahun masa pakainya. Beberapa model konsol dirilis, sebelum lini PSP digantikan oleh PlayStation Vita, dirilis di Jepang pada 2011 dan di seluruh dunia setahun kemudian. Vita memiliki kompatibilitas mundur dengan game PSP yang dirilis di Jaringan PlayStation melalui PlayStation Store, yang menjadi metode utama pembelian game PSP setelah Sony menutup akses ke toko dari PSP pada tanggal 31 Maret 2016. Pengiriman perangkat keras dari PSP berakhir di seluruh dunia pada tahun 2014; produksi UMD berakhir ketika pabrik Jepang terakhir yang memproduksinya ditutup pada akhir 2016.

PS3

               PlayStation 3 (PS3) adalah konsol permainan video rumahan yang dikembangkan oleh Sony Computer Entertainment. Ini adalah penerus PlayStation 2, dan merupakan bagian dari merek konsol PlayStation. Ini pertama kali dirilis pada 11 November 2006 di Jepang, 17 November 2006 di Amerika Utara, dan 23 Maret 2007 di Eropa dan Australia. PlayStation 3 bersaing terutama dengan Microsoft Xbox 360 dan Nintendo Wii sebagai bagian dari konsol video game generasi ketujuh.

               Konsol ini pertama kali diumumkan secara resmi pada E3 2005, dan dirilis pada akhir tahun 2006. Ini adalah konsol pertama yang menggunakan Blu-ray Disc sebagai media penyimpanan utamanya. Konsol ini adalah PlayStation pertama yang mengintegrasikan layanan permainan sosial, termasuk Jaringan PlayStation, serta yang pertama dapat dikontrol dari konsol genggam, melalui konektivitas jarak jauh dengan PlayStation Portable dan PlayStation Vita. Pada bulan September 2009, PlayStation 3 model Slim dirilis. Itu tidak lagi menyediakan kemampuan perangkat keras untuk menjalankan game PS2. Itu lebih ringan dan lebih tipis dari versi aslinya, dan menampilkan logo yang didesain ulang dan desain pemasaran, serta sedikit perubahan awal dalam perangkat lunak. Variasi Super Slim kemudian dirilis pada akhir 2012, yang selanjutnya menyempurnakan dan mendesain ulang konsol.

               Selama tahun-tahun awalnya, sistem tersebut diterima secara negatif, karena harganya yang tinggi ($ 599 untuk model 60-gigabyte, $ 499 untuk model 20 GB), arsitektur prosesor yang kompleks, dan kurangnya permainan berkualitas tetapi dipuji karena Blu- kemampuan sinar dan "potensi yang belum tergali". Penerimaan akan menjadi lebih positif dari waktu ke waktu. Sistem ini memiliki awal yang lambat di pasar tetapi berhasil pulih, terutama setelah pengenalan model Slim. Penggantinya, PlayStation 4, dirilis kemudian pada November 2013. Pada 29 September 2015, Sony mengonfirmasi bahwa penjualan PlayStation 3 akan dihentikan di Selandia Baru, tetapi sistem tetap diproduksi di pasar lain. Pengiriman unit baru ke Eropa dan Australia berakhir pada Maret 2016, diikuti oleh Amerika Utara yang berakhir pada Oktober 2016. Menuju tahun 2017, Jepang adalah wilayah terakhir di mana unit baru masih diproduksi hingga 29 Mei 2017, ketika Sony mengonfirmasi bahwa PlayStation 3 telah dihentikan di Jepang.

PSVita

               PlayStation Vita (PS Vita atau Vita) adalah konsol permainan video genggam yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Sony Computer Entertainment. Ini pertama kali dirilis di Jepang pada 17 Desember 2011, dan di Amerika Utara, Eropa, dan wilayah internasional lainnya dimulai pada 22 Februari 2012. Konsol ini adalah penerus PlayStation Portable, dan bagian dari merek perangkat game PlayStation ; sebagai bagian dari konsol video game generasi kedelapan, ia bersaing dengan Nintendo 3DS.

               Model asli dari perangkat genggam ini mencakup layar sentuh kapasitif OLED multi-sentuh 5 inci (130 mm), dua joystick analog, dan input tombol tekan depan dan bahu, dan mendukung Bluetooth, Wi-Fi, dan 3G opsional. Vita dilengkapi dengan quad-core ARM Cortex-A9 MPCore CPU dan quad-core SGX543MP GPU. Seri PS Vita 2000, versi sistem yang direvisi, dirilis pada 2013 dan 2014. Ini memiliki semua fitur yang sama dengan ukuran yang sedikit lebih kecil, masa pakai baterai yang lebih lama, dan layar LCD, bukan OLED. Sony merilis PlayStation TV, versi Vita yang berumur pendek dan dibuat ulang yang menggunakan layar televisi seperti konsol video game rumahan, dihentikan pada akhir 2015.

               Desain Vita dimaksudkan untuk menggabungkan pengalaman platform video game beranggaran besar dan berdedikasi dengan tren mobile gaming yang sedang naik daun seperti yang terlihat pada ponsel pintar dan tablet. Namun, pada tahun setelah peluncuran perangkat yang sukses, penjualan perangkat keras dan permainan anggaran yang lebih besar terhenti, mengancam untuk mengakhiri masa pakainya. Upaya terkonsentrasi untuk menarik pengembang independen yang lebih kecil di Barat, dikombinasikan dengan dukungan kuat dari perusahaan Jepang tingkat menengah, membantu menjaga platform tetap bertahan. Meskipun hal ini menyebabkan berkurangnya keragaman dalam perpustakaan gimnya, hal itu memperkuat dukungan dalam JRPG, novel visual, dan gim indie yang dikembangkan oleh Barat.

               Ini membangun penjualan yang moderat di Jepang, dan basis pengguna yang lebih kecil namun bersemangat di Barat. Meskipun Sony belum merilis angka penjualan pasti, perkiraan penjualan akhir umur sekitar 15 hingga 16 juta unit. Pada tahun-tahun terakhir platform, Sony mempromosikan kemampuan PlayStation Vita untuk bekerja bersama dengan produk game lainnya, seperti PlayStation 4 dari Remote Play, mirip dengan fungsi Wii U dari Off-TV Play. Produksi sistem dan permainan kartrid fisik berakhir pada Maret 2019.

PS4

               PlayStation 4 (PS4) adalah konsol video game rumahan yang dikembangkan oleh Sony Computer Entertainment. Diumumkan sebagai penerus PlayStation 3 pada Februari 2013, diluncurkan pada 15 November 2013 di Amerika Utara, 29 November 2013 di Eropa, Amerika Selatan dan Australia, dan pada 22 Februari 2014 di Jepang. Sebuah konsol generasi kedelapan, itu bersaing dengan Microsoft Xbox One dan Nintendo Wii U dan Switch.

               Beranjak dari mikroarsitektur Sel yang lebih kompleks dari pendahulunya, konsol ini memiliki AMD Accelerated Processing Unit (APU) yang dibangun di atas arsitektur x86-64, yang secara teoritis dapat mencapai puncak pada 1,84 teraflops; AMD menyatakan bahwa itu adalah APU "paling kuat" yang dikembangkannya hingga saat ini. PlayStation 4 lebih menekankan pada interaksi sosial dan integrasi dengan perangkat dan layanan lain, termasuk kemampuan untuk memainkan game di luar konsol di PlayStation Vita dan perangkat lain yang didukung ("Remote Play"), kemampuan untuk melakukan streaming permainan online atau ke teman , dengan mereka mengontrol gameplay dari jarak jauh ("Share Play"). Pengontrol konsol juga didesain ulang dan ditingkatkan melalui PlayStation 3, dengan tombol dan stik analog yang ditingkatkan, dan touchpad terintegrasi di antara perubahan lainnya. Konsol ini juga mendukung video HDR10 High-dynamic-range dan pemutaran multimedia resolusi 4K.

               PlayStation 4 dirilis dengan pujian kritis, dengan kritikus memuji Sony karena mengakui kebutuhan konsumennya, merangkul pengembangan game independen, dan karena tidak memaksakan skema manajemen hak digital terbatas seperti yang awalnya diumumkan oleh Microsoft untuk Xbox One. Para kritikus dan studio pihak ketiga, sebelum diluncurkan, juga memuji kemampuan PlayStation 4 dibandingkan dengan para pesaingnya; pengembang menggambarkan perbedaan kinerja antara konsol dan Xbox One sebagai "signifikan" dan "jelas". Permintaan yang meningkat juga membantu penjualan konsol global teratas Sony. Pada Oktober 2019, PS4 menjadi konsol game rumahan terlaris kedua sepanjang masa, setelah PlayStation 2.

Pada tanggal 7 September 2016, Sony meluncurkan PlayStation 4 Slim, versi konsol yang lebih kecil; dan versi kelas atas yang disebut PlayStation 4 Pro, yang memiliki fitur GPU yang ditingkatkan dan kecepatan jam CPU yang lebih tinggi untuk mendukung peningkatan kinerja dan resolusi 4K dalam game yang didukung.

PS5

               PlayStation 5 (PS5) adalah konsol video game rumahan yang akan datang yang dikembangkan oleh Sony Interactive Entertainment. Diumumkan pada 2019 sebagai penerus PlayStation 4, dan dijadwalkan untuk diluncurkan pada 12 November 2020 di Amerika Utara, Australia, Selandia Baru, Jepang, Singapura, dan Korea Selatan, dan pada 19 November 2020 untuk seluruh dunia. . Platform ini diantisipasi untuk diluncurkan dalam dua jenis: sistem PlayStation 5 dasar dengan drive cakram optik yang kompatibel dengan Ultra HD Blu-ray untuk dukungan game ritel bersama dengan distribusi online melalui PlayStation Store, dan varian berbiaya lebih rendah yang tidak memiliki drive disk dan mempertahankannya. dukungan unduhan digital.

               PlayStation 5 memiliki fitur solid-state drive yang dirancang untuk streaming data berkecepatan tinggi untuk memungkinkan peningkatan yang signifikan dalam kinerja grafis. Perangkat keras ini juga dilengkapi dengan GPU AMD kustom yang mampu melacak sinar, mendukung tampilan resolusi 4K dan hingga 120 bingkai per detik, perangkat keras audio baru untuk efek audio 3D waktu nyata, dan kompatibilitas mundur dengan sebagian besar game PlayStation 4 dan PlayStation VR.

Media Ultra HD Blu-ray, Blu-ray, DVD, distribusi digital

CPU Kustom 8-core AMD Zen 2,

frekuensi variabel, hingga 3,5 GHz

Memori 16 GB GDDR6 SDRAM

Penyimpanan SSD Khusus 825 GB

Penyimpanan yang dapat dilepas Internal (dapat di-upgrade pengguna) NVMe M.2 SSD, atau HDD eksternal berbasis USB

Menampilkan format keluaran Video HDMI: 480p, 720p, 1080i, 1080p, 4K UHD, 8K UHD

Grafis Kustom AMD RDNA 2,

36 CUs @ frekuensi variabel hingga 2,23 GHz

Suara Audio Custom Tempest Engine 3D

Input pengontrol DualSense, DualShock 4, PlayStation Move

Konektivitas

    Wi-Fi IEEE 802.11ax

    Bluetooth 5.1

    Gigabit Ethernet

    2x USB 3.1

    1x USB 2.0

    1x USB-C

    HDMI 2.1 keluar

Layanan online PlayStation Network

Dimensi Dasar: 390 mm × 260 mm × 104 mm (15,4 inci × 10,2 inci × 4,1 inci)

Digital: 390 mm × 260 mm × 92 mm (15,4 inci × 10,2 inci × 3,6 inci)

Basis Massa: 4,5 kilogram (9,9 lb)

Digital: 3,9 kilogram (8,6 lb)

Ke belakang

Kompatibilitas Hampir semua game PlayStation 4 dan PlayStation VR

Pendahulunya PlayStation 4

Situs web playstation.com/ps5

(‘3’) nah... gimana men temen ? sudah puas dengan perkembangan konsol di Sony Playstation ? Terus ikuti Blog PcKokKentang karena blog ini bukan membahas mengenai PC Jadul dan kentang saja, selalu ikuti juga update nya yah... agar mimin semangat update walau takda yang baca hehee... ok terimakasih sudah berkunjung... See you next Post bye bye (‘3’)/

 

 Sumber referensi wikipedia.org