
Yo Gengs... Lama nggak upload yah... hehehe... kali ini mimin DdM akan
memposting sedikit info tentang Perkembangan konsol Nintendo Dari masa
ke masa, yap siapa yang tidak tahu tentang satu konsol ini, dimana
konsol yang sempat menghebohkan dunia dengan game - gamenya seperti
Monster Hunter : Rise, Super Smash Bross, Super Mario Kart, dan tentunya
apa lagi kalo bukan The Legend Of Zelda.
Tapi tau nggak
gengs ? kalo nintendo mempunyai sejarah yang cukup menarik untuk di
bahas di blog kita satu ini ? Ayok gengs kita simak sebagai berikut.
1. Nintendo Merupakan perusahaan yang memproduksi kartu "Hanafuda" (1889)

Didirikan pada tahun 1889 oleh Fusajiro Yamuichi pada Pada tanggal
23 September, merupakan sebuah perusahaan yang membuat atau memproduksi
sebuah kartu buatan tangan yang bernama "Hanafuda" secara arti Hanafuda
artinya adalah bunga, merupakan salah satu permainan tradisional asal
Jepang, asal usul permainan ini berasal pada abad ke-16 yang awal nya di
bawakan oleh bangsa portugis untuk di mainkan oleh kalangan kaum
bangsawan jepang. Ketika Jepang menutup Perbatasanya, Semua permainan
kartu di larang. Maka dibuatlah beberapa kartu permainan yang
terinspirasi dari seni prajurit Cina dan beberapa tumpuk kartu yang
mirip dengan Hanafuda Modern. Setelah jatuh ke tangan Mafia Jepang
(Yakuza), permainan kartu tersebut di larang oleh pemerintah karena
kartu - kartu tersebut di gunakan untuk kegiatan perjudian.
Menyusul Perubahanya pemerintah Meiji, Jepang membuka perbatasan ke
dunia dan kartu remi mulai di legalkan lagi. Pada tahun 1889, Fusajiro
Yamuichi mengambil kesempatan dan mendirikan perusahaan Nintendo Koppai
untuk permainan kartu Hanafuda dan dengan cepat diadopsi oleh Yakuza
sebagai sarana Perjudian, Hanafuda menjadi populer di kalangan
masyarakat.
2. Perusahaan Nintendo Bisnis Ceruk kecil (1963)
Pada tahun 1963 Nintendo memulai beberapa bisnis Ceruk kecil, seperti
layanan pertaksian dan Hotel Cinta, Meninggalkan usaha sebelumnya demi
mainan.
3. Mulai mengembangkan Video Game (1970-an)
Usaha
pertama Nintendo ke dalam industri permainan video adalah mendapatkan
hak untuk mendistribusikan konsol permainan video Magnavox Odyssey di
Jepang pada tahun 1974. Nintendo mulai memproduksi perangkat kerasnya
sendiri pada tahun 1977, dengan konsol permainan video rumahan Color
TV-Game. Empat versi konsol ini diproduksi, masing-masing termasuk
variasi dari satu permainan; misalnya, Color TV Game 6 menampilkan enam
versi Light Tennis.
4. Kesuksesan Pertama "Game & Watch" (1979-1982)
Pada tahun 1979, Gunpei Yokoi membayangi ide sebuah konsol permainan
genggam, sambil mengamati sebuah komuter kereta peluru yang melewati
waktu secara iseng dengan kalkulator LCD portabel. Ide tersebut menjadi
Game & Watch.Pada tahun 1980, Nintendo meluncurkan Game & Watch
sebuah permainan video genggam yang dikembangkan oleh Yokoi. Sistem ini
tidak memiliki cartridge yang dapat dipertukarkan dan perangkat keras
tersebut terikat dalam permainan. Permainan video pertama Game &
Watch, Ball, didistribusikan seluruh dunia. Cross D-pad yang modern
dikembangkan pada tahun 1982, oleh Yokoi untuk versi Donkey Kong.
Terbukti populer, desain tersebut dipatenkan oleh Nintendo. Paten
tersebut kemudian mendapatkan penghargaan Technology & Engineering
Emmy Award.
5. Nintendo Entertaiment System (1983)
Pada tahun 1983, Nintendo meluncurkan Family Computer (disangkat
sebagai "Famicom") konsol permainan video rumah di Jepang, disamping
port dari permainan arkade yang populer. Pada tahun 1985, secara
kosmetik mengerjakan kembali versi sistem yang dikenal diluar Jepang
yaitu Nintendo Entertainment System atau NES, diluncurkan di Amerika
Utara. Praktik sistem bundling dengan permainan terpilih yang membantu
untuk membuat Super Mario Bros. Salah satu permainan video terlaris
sepanjang sejarah.
6. Gameboy (1988)
Pada tahun 1988, Gunpei Yokoi dan tim dia di Nintendo R&D1
membayangi sebuah sistem genggam baru Game Boy, dengan syarat untuk
menyatukan dua ide yang sangat sukses dari portabilitas Game & Watch
dan berpetukaran bersama dengan cartridge NES. Nintendo merilis Game
Boy di Jepang pada 21 April 1989, dan di Amerika Utara pada 31 Juli
2019. Presiden Nintendo of America Minoru Arakawa berhasil berurusan
bundel permainan video pihak ketiga Tetris bersama dengan Game Boy, dan
pasangan tersebut diluncurkan sebagai kesuksesan instan.
7. Super Nintendo Entertaiment System (1989)
Pada tahun 1989, Nintendo mengumumkan rencana untuk merilis penerus
Famicom, Super Famicom. Berdasarkan prosesor 16-bit, Nintendo memiliki
spesifikasi perangkat keras grafis, suara, dan kecepatan permainan video
yang jauh lebih unggul daripada Famicom 8-bit yang asli. Super Famicom
akhirnya dirilis relatif terlambat ke pasar di Jepang pada 21 November
1990, dan dirilis sebagai Super Nintendo Entertainment System (secara
resmi disingkat Super NES atau SNES dan biasanya disingkat menjadi Super
Nintendo) di Amerika Utara pada tanggal 23 Agustus 1991 dan pada Eropa
pada tahun 1992. Pesaing utamanya adalah Mega Drive 16-bit, yang dikenal
di Amerika Utara sebagai Genesis, yang telah diiklankan secara agresif
melawan NES 8-bit yang baru lahir. Perang konsol antara Sega dan
Nintendo terjadi pada awal 1990-an. Dari tahun 1990 hingga 1992,
Nintendo membuka toko World of Nintendo di Amerika Serikat di mana
konsumen dapat menguji dan membeli produk Nintendo.
8. Nintendo Virtual Boy (1995)
Nintendo merilis Virtual Boy pada tahun 1995, yang dirancang oleh
Gunpei Yokoi. Konsol terdiri dari sistem semi-portabel yang dipasang di
kepala dengan satu layar berwarna merah untuk masing-masing mata
pengguna, menampilkan grafik stereoskopik. Permainan dilihat melalui
lensa mata teropong dan dikendalikan menggunakan gamepad yang
ditempelkan. Para kritikus umumnya kecewa dengan kualitas permainan dan
grafis berwarna merah, dan mengeluh sakit kepala yang disebabkan oleh
gameplay. Sistem penjualannya buruk dan diam-diam dihentikan. Di tengah
kegagalan sistem, Yokoi pensiun dari Nintendo.Selama tahun yang sama,
Nintendo meluncurkan Satellaview di Jepang, perangkat untuk Super
Famicom. Aksesori memungkinkan pengguna untuk memainkan permainan video
melalui siaran untuk jangka waktu tertentu. Berbagai permainan video
dibuat khusus untuk platform, serta berbagai remake.
9. Nintendo 64 (1996)
Pada tahun 1996, Nintendo mengubah nama Ultra 64 menjadi Nintendo 64,
dan merilisnya di Jepang dan Amerika Utara, dan pada tahun 1997 di Eropa
dan Australia. Nintendo 64 melanjutkan apa yang telah menjadi tradisi
Nintendo dalam desain perangkat keras yang kurang berfokus pada
spesifikasi kinerja tinggi daripada pada inovasi desain yang dimaksudkan
untuk menginspirasi pengembangan permainan. Dengan pangsa pasarnya yang
tergelincir ke Sega Saturn dan Sony PlayStation yang menjadi mitra
saingannya, Nintendo merevitalisasi mereknya dengan meluncurkan kampanye
pemasaran senilai $ 185 juta yang berpusat di sekitar slogan "Play it
Loud".
Selama tahun yang sama, Nintendo juga merilis Game Boy Pocket di
Jepang, versi yang lebih kecil dari Game Boy yang menghasilkan lebih
banyak penjualan untuk platform tersebut. Pada tanggal 4 Oktober 1997,
pengembang Nintendo terkenal, Gunpei Yokoi meninggal dalam kecelakaan
mobil. Pada tahun 1997, Nintendo merilis SNS-101 (disebut Super Famicom
Jr. di Jepang), versi yang didesain ulang dari Super Nintendo
Entertainment System.
10. Gameboy Color (1998)
Pada tahun 1998, pelanjut dari Game Boy, Game Boy Color, telah dirilis.
Sistem tersebut telah memperbaiki spesifikasi teknikal memperbolehkan
untuk menjalankan permainan secara khusus untuk sistem juga untuk
permainan yang dirilis untuk Game Boy, walaupun dengan tambahan warna.
Game Boy Camera dan Printer juga dirilis sebagai aksesoris.
11. Game Boy Advance & Gamecube (2001)
Pada tahun 2001, Nintendo memperkenalkan Game Boy Advance yang didesain
ulang. Pada tahun yang sama, Nintendo juga merilis GameCube untuk
penjualan suam-suam kuku, dan akhirnya gagal mendapatkan kembali pangsa
pasar yang hilang oleh Nintendo 64.
12. Nintendo DS (2004)
Pada
tahun 2004, Nintendo merilis Nintendo DS, sistem genggam utama keempat.
DS adalah perangkat genggam layar ganda yang menampilkan kemampuan
layar sentuh, yang merespon stylus atau sentuhan jari. Mantan presiden
dan ketua Nintendo Hiroshi Yamauchi diterjemahkan oleh GameScience
sebagai penjelasan, "Jika kita dapat meningkatkan ruang lingkup
industri, kita dapat memberi energi kembali pasar global dan mengangkat
Jepang keluar dari depresi - itulah misi Nintendo." Mengenai penjualan
GameCube yang suam-suam kuku yang telah menghasilkan kerugian
operasional pertama yang dilaporkan perusahaan dalam lebih dari 100
tahun, Yamauchi melanjutkan: "DS merupakan momen penting bagi kesuksesan
Nintendo selama dua tahun ke depan.
13. Nintendo Wii (2006)
Pada paruh kedua 2006, Nintendo merilis Wii sebagai penerus
kompatibel-belakang untuk GameCube. Didasarkan pada kendali gerak Wii
Remote yang rumit dan papan keseimbangan, Wii menginspirasi beberapa
waralaba permainan video baru, beberapa ditargetkan pada segmen pasar
yang sepenuhnya baru dari permainan kasual dan kebugaran. Dengan lebih
dari 100 juta unit terjual di seluruh dunia, Wii adalah konsol terlaris
dari generasi ketujuh, mendapatkan kembali pangsa pasar yang hilang
selama masa Nintendo 64 dan GameCube.
14. Nintendo 3DS (2011)
Pada tahun 2011, Nintendo merilis Nintendo 3DS, berdasarkan tampilan 3D
stereoscopic bebas kacamata. Pada bulan Februari 2012, Nintendo
mengakuisisi Mobiclip, sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan
berbasis di Perancis yang berspesialisasi dalam teknologi perangkat
lunak yang sangat dioptimalkan seperti kompresi video. Nama perusahaan
kemudian diubah menjadi Nintendo European Research & Development.
15. Nintendo Wii U (2012)
Selama kuartal keempat 2012, Nintendo merilis Wii U. Itu dijual lebih
lambat dari yang diharapkan, meskipun konsol generasi kedelapan pertama.
Namun, pada September 2013, penjualan telah pulih.butuh klarifikasi.
16. Nintendo 2DS (2013)
Berniat untuk memperluas pasar 3DS, Nintendo merilis Nintendo 2DS 2013
yang hemat biaya. 2DS kompatibel dengan tetapi tidak memiliki fitur 3D
autostereoscopic 3DS yang lebih mahal tetapi kosmetik. Nintendo juga
merilis Wii Mini, desain ulang Wii yang lebih murah dan non-jaringan.
17. Nintendo Switch (2017)

Pada 17 Maret 2015, Nintendo mengumumkan "platform permainan khusus
dengan konsep baru" dengan nama kode "NX" yang akan diungkapkan lebih
lanjut pada 2016. Reggie Fils-Aimé, presiden Nintendo of America pada
saat itu, menyebut NX sebagai "konsol rumah kami berikutnya" dalam
sebuah wawancara Juni 2015 dengan The Wall Street Journal.
Pada
pertemuan investor pada 27 April 2016, Nintendo mengumumkan bahwa NX
akan dirilis di seluruh dunia pada Maret 2017.Dalam sebuah wawancara
dengan Asahi Shimbun pada Mei 2016, Kimishima menyebut NX sebagai "bukan
penerus Wii U atau 3DS", dan juga menjadi "cara baru bermain game,"
tetapi itu akan "memperlambat penjualan Wii U "saat diungkapkan dan
disebarluaskan.
Pada 19 Oktober 2016, Nintendo mengumumkan
mereka akan merilis trailer untuk konsol keesokan harinya.Hari
berikutnya, Nintendo meluncurkan trailer yang mengungkapkan nama
terakhir dari platform yang disebut Nintendo Switch.Pada Maret 2018,
lebih dari 17 juta unit Switch telah terjual di seluruh dunia.
Ya...
Mungkun segitu dulu sih... hehehehe terimakasih yang udah ngebaca sampe
habis, jangan lupa juga buat visit wikipedia tempat referensi nya
karena disana jauh lebih lengkap dan detail, oke sekian dulu post nya...
see you next post bye bye ('3')/
Sumber Referensi Artikel link : wikipedia.com