Friday, 4 June 2021

Perkembangan Nintendo dari masa ke masa rangkuman PcKokKentang

 

     

     Yo Gengs... Lama nggak upload yah... hehehe... kali ini mimin DdM akan memposting sedikit info tentang Perkembangan konsol Nintendo Dari masa ke masa, yap siapa yang tidak tahu tentang satu konsol ini, dimana konsol yang sempat menghebohkan dunia dengan game - gamenya seperti Monster Hunter : Rise, Super Smash Bross, Super Mario Kart, dan tentunya apa lagi kalo bukan The Legend Of Zelda.

        Tapi tau nggak gengs ? kalo nintendo mempunyai sejarah yang cukup menarik untuk di bahas di blog kita satu ini ? Ayok gengs kita simak sebagai berikut.

1. Nintendo Merupakan perusahaan yang memproduksi kartu "Hanafuda" (1889)

     Didirikan pada tahun 1889 oleh Fusajiro Yamuichi pada Pada tanggal 23 September, merupakan sebuah perusahaan yang membuat atau memproduksi sebuah kartu buatan tangan yang bernama "Hanafuda" secara arti Hanafuda artinya adalah bunga, merupakan salah satu permainan tradisional asal Jepang, asal usul permainan ini berasal pada abad ke-16 yang awal nya di bawakan oleh bangsa portugis untuk di mainkan oleh kalangan kaum bangsawan jepang. Ketika Jepang menutup Perbatasanya, Semua permainan kartu di larang. Maka dibuatlah beberapa kartu permainan yang terinspirasi dari seni prajurit Cina dan beberapa tumpuk kartu yang mirip dengan Hanafuda Modern. Setelah jatuh ke tangan Mafia Jepang (Yakuza), permainan kartu tersebut di larang oleh pemerintah karena kartu - kartu tersebut di gunakan untuk kegiatan perjudian.

     Menyusul Perubahanya pemerintah Meiji, Jepang membuka perbatasan ke dunia dan kartu remi mulai di legalkan lagi. Pada tahun 1889, Fusajiro Yamuichi mengambil kesempatan dan mendirikan perusahaan Nintendo Koppai untuk permainan kartu Hanafuda dan dengan cepat diadopsi oleh Yakuza sebagai sarana Perjudian, Hanafuda menjadi populer di kalangan masyarakat.

2. Perusahaan Nintendo Bisnis Ceruk kecil (1963)

     Pada tahun 1963 Nintendo memulai beberapa bisnis Ceruk kecil, seperti layanan pertaksian dan Hotel Cinta, Meninggalkan usaha sebelumnya demi mainan.

3. Mulai mengembangkan Video Game (1970-an)


 

     Usaha pertama Nintendo ke dalam industri permainan video adalah mendapatkan hak untuk mendistribusikan konsol permainan video Magnavox Odyssey di Jepang pada tahun 1974. Nintendo mulai memproduksi perangkat kerasnya sendiri pada tahun 1977, dengan konsol permainan video rumahan Color TV-Game. Empat versi konsol ini diproduksi, masing-masing termasuk variasi dari satu permainan; misalnya, Color TV Game 6 menampilkan enam versi Light Tennis.

4. Kesuksesan Pertama "Game & Watch" (1979-1982)

     Pada tahun 1979, Gunpei Yokoi membayangi ide sebuah konsol permainan genggam, sambil mengamati sebuah komuter kereta peluru yang melewati waktu secara iseng dengan kalkulator LCD portabel. Ide tersebut menjadi Game & Watch.Pada tahun 1980, Nintendo meluncurkan Game & Watch sebuah permainan video genggam yang dikembangkan oleh Yokoi. Sistem ini tidak memiliki cartridge yang dapat dipertukarkan dan perangkat keras tersebut terikat dalam permainan. Permainan video pertama Game & Watch, Ball, didistribusikan seluruh dunia. Cross D-pad yang modern dikembangkan pada tahun 1982, oleh Yokoi untuk versi Donkey Kong. Terbukti populer, desain tersebut dipatenkan oleh Nintendo. Paten tersebut kemudian mendapatkan penghargaan Technology & Engineering Emmy Award.

5. Nintendo Entertaiment System (1983)


     Pada tahun 1983, Nintendo meluncurkan Family Computer (disangkat sebagai "Famicom") konsol permainan video rumah di Jepang, disamping port dari permainan arkade yang populer. Pada tahun 1985, secara kosmetik mengerjakan kembali versi sistem yang dikenal diluar Jepang yaitu Nintendo Entertainment System atau NES, diluncurkan di Amerika Utara. Praktik sistem bundling dengan permainan terpilih yang membantu untuk membuat Super Mario Bros. Salah satu permainan video terlaris sepanjang sejarah.

6. Gameboy (1988)


     Pada tahun 1988, Gunpei Yokoi dan tim dia di Nintendo R&D1 membayangi sebuah sistem genggam baru Game Boy, dengan syarat untuk menyatukan dua ide yang sangat sukses dari portabilitas Game & Watch dan berpetukaran bersama dengan cartridge NES. Nintendo merilis Game Boy di Jepang pada 21 April 1989, dan di Amerika Utara pada 31 Juli 2019. Presiden Nintendo of America Minoru Arakawa berhasil berurusan bundel permainan video pihak ketiga Tetris bersama dengan Game Boy, dan pasangan tersebut diluncurkan sebagai kesuksesan instan.

7. Super Nintendo Entertaiment System (1989) 

 

     Pada tahun 1989, Nintendo mengumumkan rencana untuk merilis penerus Famicom, Super Famicom. Berdasarkan prosesor 16-bit, Nintendo memiliki spesifikasi perangkat keras grafis, suara, dan kecepatan permainan video yang jauh lebih unggul daripada Famicom 8-bit yang asli. Super Famicom akhirnya dirilis relatif terlambat ke pasar di Jepang pada 21 November 1990, dan dirilis sebagai Super Nintendo Entertainment System (secara resmi disingkat Super NES atau SNES dan biasanya disingkat menjadi Super Nintendo) di Amerika Utara pada tanggal 23 Agustus 1991 dan pada Eropa pada tahun 1992. Pesaing utamanya adalah Mega Drive 16-bit, yang dikenal di Amerika Utara sebagai Genesis, yang telah diiklankan secara agresif melawan NES 8-bit yang baru lahir. Perang konsol antara Sega dan Nintendo terjadi pada awal 1990-an. Dari tahun 1990 hingga 1992, Nintendo membuka toko World of Nintendo di Amerika Serikat di mana konsumen dapat menguji dan membeli produk Nintendo.


8. Nintendo Virtual Boy (1995)
 

     Nintendo merilis Virtual Boy pada tahun 1995, yang dirancang oleh Gunpei Yokoi. Konsol terdiri dari sistem semi-portabel yang dipasang di kepala dengan satu layar berwarna merah untuk masing-masing mata pengguna, menampilkan grafik stereoskopik. Permainan dilihat melalui lensa mata teropong dan dikendalikan menggunakan gamepad yang ditempelkan. Para kritikus umumnya kecewa dengan kualitas permainan dan grafis berwarna merah, dan mengeluh sakit kepala yang disebabkan oleh gameplay. Sistem penjualannya buruk dan diam-diam dihentikan. Di tengah kegagalan sistem, Yokoi pensiun dari Nintendo.Selama tahun yang sama, Nintendo meluncurkan Satellaview di Jepang, perangkat untuk Super Famicom. Aksesori memungkinkan pengguna untuk memainkan permainan video melalui siaran untuk jangka waktu tertentu. Berbagai permainan video dibuat khusus untuk platform, serta berbagai remake.

9. Nintendo 64 (1996)

     Pada tahun 1996, Nintendo mengubah nama Ultra 64 menjadi Nintendo 64, dan merilisnya di Jepang dan Amerika Utara, dan pada tahun 1997 di Eropa dan Australia. Nintendo 64 melanjutkan apa yang telah menjadi tradisi Nintendo dalam desain perangkat keras yang kurang berfokus pada spesifikasi kinerja tinggi daripada pada inovasi desain yang dimaksudkan untuk menginspirasi pengembangan permainan. Dengan pangsa pasarnya yang tergelincir ke Sega Saturn dan Sony PlayStation yang menjadi mitra saingannya, Nintendo merevitalisasi mereknya dengan meluncurkan kampanye pemasaran senilai $ 185 juta yang berpusat di sekitar slogan "Play it Loud". 

     Selama tahun yang sama, Nintendo juga merilis Game Boy Pocket di Jepang, versi yang lebih kecil dari Game Boy yang menghasilkan lebih banyak penjualan untuk platform tersebut. Pada tanggal 4 Oktober 1997, pengembang Nintendo terkenal, Gunpei Yokoi meninggal dalam kecelakaan mobil. Pada tahun 1997, Nintendo merilis SNS-101 (disebut Super Famicom Jr. di Jepang), versi yang didesain ulang dari Super Nintendo Entertainment System.  

10. Gameboy Color (1998)

 

     Pada tahun 1998, pelanjut dari Game Boy, Game Boy Color, telah dirilis. Sistem tersebut telah memperbaiki spesifikasi teknikal memperbolehkan untuk menjalankan permainan secara khusus untuk sistem juga untuk permainan yang dirilis untuk Game Boy, walaupun dengan tambahan warna. Game Boy Camera dan Printer juga dirilis sebagai aksesoris. 

11.  Game Boy Advance & Gamecube (2001)

 
     Pada tahun 2001, Nintendo memperkenalkan Game Boy Advance yang didesain ulang. Pada tahun yang sama, Nintendo juga merilis GameCube untuk penjualan suam-suam kuku, dan akhirnya gagal mendapatkan kembali pangsa pasar yang hilang oleh Nintendo 64.

12. Nintendo DS (2004)


     Pada tahun 2004, Nintendo merilis Nintendo DS, sistem genggam utama keempat. DS adalah perangkat genggam layar ganda yang menampilkan kemampuan layar sentuh, yang merespon stylus atau sentuhan jari. Mantan presiden dan ketua Nintendo Hiroshi Yamauchi diterjemahkan oleh GameScience sebagai penjelasan, "Jika kita dapat meningkatkan ruang lingkup industri, kita dapat memberi energi kembali pasar global dan mengangkat Jepang keluar dari depresi - itulah misi Nintendo." Mengenai penjualan GameCube yang suam-suam kuku yang telah menghasilkan kerugian operasional pertama yang dilaporkan perusahaan dalam lebih dari 100 tahun, Yamauchi melanjutkan: "DS merupakan momen penting bagi kesuksesan Nintendo selama dua tahun ke depan. 

13. Nintendo Wii (2006)


     Pada paruh kedua 2006, Nintendo merilis Wii sebagai penerus kompatibel-belakang untuk GameCube. Didasarkan pada kendali gerak Wii Remote yang rumit dan papan keseimbangan, Wii menginspirasi beberapa waralaba permainan video baru, beberapa ditargetkan pada segmen pasar yang sepenuhnya baru dari permainan kasual dan kebugaran. Dengan lebih dari 100 juta unit terjual di seluruh dunia, Wii adalah konsol terlaris dari generasi ketujuh, mendapatkan kembali pangsa pasar yang hilang selama masa Nintendo 64 dan GameCube.

14. Nintendo 3DS (2011)

 

     Pada tahun 2011, Nintendo merilis Nintendo 3DS, berdasarkan tampilan 3D stereoscopic bebas kacamata. Pada bulan Februari 2012, Nintendo mengakuisisi Mobiclip, sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan berbasis di Perancis yang berspesialisasi dalam teknologi perangkat lunak yang sangat dioptimalkan seperti kompresi video. Nama perusahaan kemudian diubah menjadi Nintendo European Research & Development.

15. Nintendo Wii U (2012)


     Selama kuartal keempat 2012, Nintendo merilis Wii U. Itu dijual lebih lambat dari yang diharapkan, meskipun konsol generasi kedelapan pertama. Namun, pada September 2013, penjualan telah pulih.butuh klarifikasi.

 16. Nintendo 2DS (2013)

     Berniat untuk memperluas pasar 3DS, Nintendo merilis Nintendo 2DS 2013 yang hemat biaya. 2DS kompatibel dengan tetapi tidak memiliki fitur 3D autostereoscopic 3DS yang lebih mahal tetapi kosmetik. Nintendo juga merilis Wii Mini, desain ulang Wii yang lebih murah dan non-jaringan.

 17. Nintendo Switch (2017)

     Pada 17 Maret 2015, Nintendo mengumumkan "platform permainan khusus dengan konsep baru" dengan nama kode "NX" yang akan diungkapkan lebih lanjut pada 2016. Reggie Fils-Aimé, presiden Nintendo of America pada saat itu, menyebut NX sebagai "konsol rumah kami berikutnya" dalam sebuah wawancara Juni 2015 dengan The Wall Street Journal.
      Pada pertemuan investor pada 27 April 2016, Nintendo mengumumkan bahwa NX akan dirilis di seluruh dunia pada Maret 2017.Dalam sebuah wawancara dengan Asahi Shimbun pada Mei 2016, Kimishima menyebut NX sebagai "bukan penerus Wii U atau 3DS", dan juga menjadi "cara baru bermain game," tetapi itu akan "memperlambat penjualan Wii U "saat diungkapkan dan disebarluaskan.
     Pada 19 Oktober 2016, Nintendo mengumumkan mereka akan merilis trailer untuk konsol keesokan harinya.Hari berikutnya, Nintendo meluncurkan trailer yang mengungkapkan nama terakhir dari platform yang disebut Nintendo Switch.Pada Maret 2018, lebih dari 17 juta unit Switch telah terjual di seluruh dunia.
 

Ya... Mungkun segitu dulu sih... hehehehe terimakasih yang udah ngebaca sampe habis, jangan lupa juga buat visit wikipedia tempat referensi nya karena disana jauh lebih lengkap dan detail, oke sekian dulu post nya... see you next post bye bye ('3')/

Sumber Referensi Artikel link : wikipedia.com

2 comments: